Apa yang Perlu Dilakukan Jika Mobil Mogok di Jalan?

Jika mobil Anda mogok di jalan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang.

Jika mobil Anda mogok di jalan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang.

Jika Anda pernah duduk di belakang kemudi, Anda tahu bagaimana rasanya berada di posisi itu, tidak berdaya dan tidak bisa melakukan apa-apa. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah berkonsentrasi mengemudikan mobil sebaik mungkin.

Solusinya, tentu saja, adalah mematikan semua sinyal Anda: hanya mesin yang akan berbunyi (yang akan saya ungkapkan nanti). Tingkat konsentrasi ini juga diperlukan jika mobil Anda mogok di jalan. Jika ada yang salah dengan mesin, ada dua kemungkinan:

A) Anda tidak punya cukup waktu untuk bereaksi sebelum sesuatu yang lain tidak beres. 

B) Anda melakukan apa yang Anda bisa dan tidak bereaksi cukup cepat .

Kasus pertama menggambarkan kecelakaan di mana semuanya menjadi salah dengan cepat dan bencana. Kasus kedua menggambarkan kemacetan lalu lintas atau situasi lain di mana segala sesuatunya memakan waktu lebih lama dari biasanya. Jadi, inilah tiga aturan praktis untuk berapa lama membiarkan mobil Anda berhenti di tanda berhenti atau lampu lalu lintas lainnya:

1) Jika lampu lalu lintas membutuhkan waktu lama untuk menyala hijau dan merah, maka saya ingin mobil saya berhenti sekarang!

2) Jika lampu lalu lintas berubah lebih dari 5 menit, maka saya akan pergi ke tempat lain!

3) Jika lampu lalu lintas berubah lebih dari 5 menit maka saya akan pulang!

Memberi isyarat kepada pengemudi lain bahwa Anda membutuhkan bantuan dengan menyalakan lampu hazard dan melambaikan tangan Anda.

Saat Anda mengemudi, visibilitas Anda dan visibilitas pengemudi lain sangat penting. Anda ingin dapat melihat apa yang terjadi di belakang Anda dan, yang terpenting, pengemudi lain. Masalah dengan sebagian besar mobil adalah bahwa mereka dirancang agar tidak terlihat. Artinya, mereka sering memiliki cermin yang terlalu besar, atau terlalu kecil. Namun, tidak ada yang mencegah mobil mogok: jika mobil Anda mogok di jalan atau di tempat parkir restoran atau toko (atau bahkan saat tidak ada tempat parkir sama sekali), Anda harus melakukan segala yang Anda bisa untuk waspada. pengemudi lain untuk bahaya mereka dan mendapatkan bantuan.

Jika Anda dapat melihat ada rintangan yang menghalangi pandangan Anda tentang apa yang terjadi di belakang Anda, gunakan lampu hazard (jika dilengkapi) atau sinyal tangan (jika tidak) untuk memperingatkan pengemudi lain bahwa ada sesuatu yang salah dengan apa yang mereka lihat. Jika memungkinkan, hindari penggunaan klakson untuk tujuan ini; suara klakson tidak melakukan apa-apa selain mengalihkan perhatian pengemudi lain yang mungkin merespons dengan tepat.

Jika terjadi kecelakaan, pastikan petugas tanggap darurat mengetahui ke mana Anda bepergian saat kecelakaan terjadi sehingga mereka dapat mengambil tindakan yang sesuai (misalnya: apakah itu salah satu kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tunggal).

Jika Anda memiliki ponsel, hubungi truk derek atau bantuan pinggir jalan.

Jika Anda memiliki mobil, Anda juga harus menginstal aplikasi ponsel ini di ponsel Anda. Ada baiknya mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi kerusakan mobil. Begitu banyak orang melakukan kesalahan itu. Mereka lupa menyalakan ponsel saat mobil mogok atau lupa meminta bantuan saat mobil mogok. Anda dapat menggunakan aplikasi ini dan mendapatkan bantuan pinggir jalan instan jika terjadi keadaan darurat di mobil Anda

Jika Anda sedang mengemudi, terkadang Anda mungkin mengalami masalah dengan mesin atau rem. Jika Anda benar-benar beruntung, Anda mungkin menemukan tempat yang bagus di mana Anda dapat menepi dan beristirahat. Tetapi ada juga kemungkinan orang lain akan berhenti dan bertanya apa yang terjadi dengan mobil Anda.

Dalam kasus seperti itu, ada baiknya untuk mengetahui bahwa ada hal-hal tertentu yang harus kita lakukan jika terjadi keadaan darurat atau kerusakan pada kendaraan kita:

• Hidupkan ponsel Anda sehingga akan terhubung ke jaringan seluler (akan menggunakan/terhubung ke data Anda)

• Aktifkan keamanan anti-pencurian jika belum diaktifkan (dan aktifkan GPS jika memungkinkan) – hal ini mempersulit penyerang untuk mencuri kendaraan Anda melalui peretasan jarak jauh

• Matikan semua fitur yang tidak perlu (seperti navigasi) – ini diperlukan untuk alasan keamanan dan akan terputus secara otomatis ketika seseorang menanyakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.